Cara Menghilangkan Cegukan dengan Segera

it's an information blog

Cara menghilangkan cegukan. Cegukan kadang datang tiba-tiba, semua itu dikarenakan adanya spasme diafragma tanpa sengaja dan pita suara tertutup secara tiba-tiba. Penyebabnya terkadang karena makan terlalu cepat, atau terkadang pula minum terlalu tiba-tiba air masuk kerongkongan, bahkan air ludah yang ditelan pun dapat menyebabkan cegukan. Beberapa penyebab lain diantaranya merokok, minuman beralkohol, perubahan temperatur pada lambung secara mendadak menjadi dingin karena minum air es misalnya. Cegukan bisa saja hanya menjadi hal yang ringan dan hilang dengan sendirinya, namun dapat pula mengganggu dalam keadaan-keadaan tertentu.
Cara Menghilangkan Cegukan dengan Segera, Cara, Menghilangkan, Cegukan, dengan Segera, cepat
Cara Menghilangkan Cegukan dengan Segera

Ada banyak cara menghilangkan cegukan, seperti meminum air putih, menahan nafas, dan lain sebagainya. Beberapa diantaranya cara mengatasi cegukan adalah sebagai berikut.
  1. Ini cara yang biasa saya lakukan, agak repot memang, tapi biasanya manjur. Untuk menghilangkan cegukan, ambilah air putih satu gelas minum, jangan panas juga tidak dingin, yang biasa saja. Tengokkan wajah ke arah kiri sampai kira-kira sejaj ar bahu, tutup hidung menggunakan tangan kiri, tangan kanan memegang gelas dan meminumkan ke mulut kita, ketika minum habiskan satu gelas tanpa mengambil nafas, dan dianjurkan sambil duduk biar lebih mudah.
  2. Cara mengatasi cegukan lainnya, merepotkan memang, tapi barangkali saja mau mencoba. Minumlah air putih sambil menunduk dengan cara meminumnya dari bibir gelas paling jauh, bibir gelas yang terdekat akan menempel di dada, habiskan air minumnya dan hati-hati karena kalau ada salah bisa tersedak air minum.
  3. Cara menghilangkan cegukan yang ketiga yaitu dengan menengadah ke langit-langit sambil menaruh gula putih dimulut, tapi jangan ditelan, Telah air ludahnya saja sampai gula putih dalam mulut habis, setelah itu  minumlah air putih satu gelas minum.
  4. Lalu bagaimana cara menghentikan cegukan ketika puasa? Cara selanjutnya untuk menghilangkan cegukan ketika berpuasa adalah dengan menahan nafas dalam beberapa detik, kemudian bernafas biasa dan ulangi lagi hingga cegukan berhenti. Bisa juga dicoba bernafas menggunakan kantong kertas. Terkadang mesti menahan nafas sekuat-kuatnya, lalu setelah itu buang nafas usahakan secara perlahan-lahan dan ulangi lagi hingga cegukan berhenti.
  5. Tips menghilangkan cegukan lainnya yaitu dengan menekan-nekan jari ke langit-langit, dan aturlah nafas secara perlahan.

Jika beberapa tips di atas tidak juga menolong, kemungkinan mengalami kondisi cegukan yang cukup berat. Sebaiknya segera hubungi dokter spesialis THT, dan biasanya dokter akan memberikan resep anti cegukan metoclopramide atau chlorpromazine. Untuk kondisi cegukan yang lebih berat lagi, dokter menyatankan obat anestetik untu memblok saraf diafragma.

Demikian cara menghilangkan cegukan, semoga bermanfaat.