Cara Menghilangkan Cegukan Bayi

it's an information blog

Cara menghilangkan cegukan bayi dapat dilakukan sendiri, namun saat bayi mengalami cegukan, sang ibu diharapkan tidak segera panik karena ada beberapa cara untuk mengatasi cegukan bayi. Beberapa tips cara menghilangkan cegukan bayi diantaranya sebagai berikut.
Cara Menghilangkan Cegukan, Cara, Menghilangkan, Cegukan, bayi
Cara Menghilangkan Cegukan
  1. Mengobati cegukan bayi dengan menepuk punggung bayi. Jika sang buah hati tiba tiba mengalami cegukan, hal yang bisa bunda lakukan yaitu gendong si kecil dengan posisi sang bayi seperti berdiri, letakkan kepala si kecil di pundak bunda, lalu tepuk tepuk punggung bayi jangan terlalu keras tapi juga jangan terlalu lembut. Tepuk perlahan hingga bayi bersendawa.
  2. Ubah Posisi Menyusui. Jika dikecil cegukan sikecil cegukan pada saat disusui, ubahlah posisi Anda menyusui dan teruskan menyusui bayi hingga cegukannya berhenti.
  3. Tenangkan Bayi. Pada saat menyusui, bayi terlalu bersemangat, kurang tenang sehingga udara masuk ke diafragmanya, maka tenangkanlah bayi dan gosok perlahan dan lembut punggungnya hingga bayi menjadi lebih tenang dan cegukannya berangsur menghilang.
  4. Pastikan Anda Menyusui dengan Benar. Sebaiknya di cek, posisi menyusui yang baik ialah pu-ting dan ar-eola masuk mulut bayi pada posisi bayu berada pas garis lurus dengan lengannya dan perut ibu berhadapan dengan perut bayi.
  5. Hentikan Proses Menyusui jika cegukan masih tetap terjadi meskipun ibu sudah mengubah posisi. Sandarkan lah bayi tegak mengahadap Anda dengan kepala bayi bersandar pada bahu Anda, tepuk perlahan dan lembut punggung bayi. Hal ini dapat mendorong udara dari diafragma naik keatas dan menghentikan cegukan.
  6. Cobalah Peluk Bayi dan dekaplah ketika bayi sedang cegukan, kadang cegukan akan mereda. Kemungkinan cegukan bayi dikarenakan faktor kedinginan.
  7. Kesalahan pemilihan botol susu juga dapat memicu cegukan pada bayi, usahakan menggunakan botol susu yang memiliki anti sedak, dan pilihlah lubang dot yang lebih kecil agar ritme air susu yang keluar teratur.
  8. Memberi makan bayi terlalu cepat dalam jumlah yang banyak pada takaran suapnya juga dapat menyebabkan cegukan, berilah makan bayi sedikit demi sedikit.
  9. Berilah bayi makanan secara teratur dengan tidak menunggu terlalu lapar. Biasanya cegukan yang disertai dengan muntah disebabkan karena ada masalah pada lambung. Jika ini terjadi, konsultasikanlah bayi ke dokter.

Demikian cara menghilangkan cegukan dan terima kasih, semoga tips cara menghilangkan cegukan bayi ini dapat bermanfaat.